Halaman


Rabu, 19 Juni 2013

Kapan Gue Kayak Gini ??? (˘ з ˘)

Hello readers, 
Lama ya gue nggak ngepost. Maklumlah orang sibuk hahaha, beneran yee gue sibuk. Gue abis selesai UKK, sebenarnya sih udah seminggu yang lalu tapi tetep aja ada urusan mendadak hehe
Sekarang gue tinggal nunggu bagi rapot, duuh, masih nggak tenang gue 


Gue mau curhat dikit yah, padahal blog gue emang isinya curhatan gue semua sih..

Semua orang pasti pengen postur badannya ideal, bagi yang cewek : langsing mulus, tinggi, seksi ; yang cowok : sixpack, tinggi, agak berisi, dan tetep seksi. Uhuuy. Tapi tidak semuanya sesuai dengan apa yang kita inginkan. Mungkin kita terlahir dari keluarga yang mayoritas gen nya bertubuh besar atau gemuk, mau tidak mau biasanya hal tersebut akan menciptakan keturunan yang tidak jauh dari orang tuanya. Atau mungkin, pola hidup kita yang lewat ambang batas dan agak berlebihan. Semua makanan di lahap, kapan saja makan, dan tidak di imbangi dengan olahraga yang cukup. Bisa jadi tubuh kita akan mengalami yang namanya OBESITAS.
Obesitas adalah kelebihan berat badan sebagai akibat dari penimbunan lemak tubuh yang berlebihan.

Setiap orang memerlukan sejumlah lemak tubuh untuk menyimpan energi, sebagai penyekat panas, penyerap guncangan dan fungsi lainnya. Rata-rata wanita memiliki lemak tubuh yang lebih banyak dibandingkan pria. Perbandingan yang normal antara lemak tubuh dengan berat badan adalah sekitar 25-30% pada wanita dan 18-23% pada pria. Wanita dengan lemak tubuh lebih dari 30% dan pria dengan lemak tubuh lebih dari 25% dianggap mengalami obesitas.
Seseorang yang memiliki berat badan 20% lebih tinggi dari nilai tengah kisaran berat badannya yang normal dianggap mengalami obesitas.
Obesitas digolongkan menjadi 3 kelompok:
·         Obesitas ringan : kelebihan berat badan 20-40%
·         Obesitas sedang : kelebihan berat badan 41-100%
·         Obesitas berat : kelebihan berat badan >100% (Obesitas berat ditemukan sebanyak 5% dari antara orang-orang yang gemuk).

Yaaaps, mungkin hal itu yang dialami gue sekarang. OBESITAS. Setiap mendengar kata itu dari omelan nyokap gue , gue selalu menganggapnya angin lalu. Padahal gue tau kalau obesitas itu nggak bagus, apalagi bagi gue yang perempuan dengan usia yang masih belia. 
"Mbak, orang yang kegendutan itu banyak penyakit yang siap nemplok" 
"hmm"
"Mbak, diet dong."
"hmm"
"Mbak, masa nggak mau sih punya badan kayak gitu (tinggi, langsing)"
"ya mau"
"Mbak, jangan ngemil terus"
"iyaaa"
"Mbaaak......"
"Mbaaaak......"
"Mbaaak...."

Euuuh, nyokap gue kalau udah begitu nggak bakalan ada ujungnya. "Iya nanti kapan-kapan"...
Gue mau share dikit nih, cara ngitung massa indeks tubuh.
Apakah anda kegemukan tau mungkin kekurusan hehe

Bagimana cara mengitung Index Massa Tubuh hingga seseorang dikatakan memiliki berat badan yang normal, sehat dan ideal ?
Cara mudah untuk melihat seseorang gemuk atau tidak adalah dari Indeks Massa Tubuh (IMT). Indikator ini dipakai oleh WHO dan institusi-institusi kesehatan.
Yang dimaksud dengan IMT atau BMI adalah Berat badan (kg) dibagi Tinggi badan (m) kuadrat.
Contoh kasusnya adalah seperti ini : Shinta adalah seorang model yang memiliki berat badan 63 kg dan tinggi badan 1,80 m. Apakah Shinta sudah termasuk wanita yang memiliki berat badan ideal ?
Maka gunakan rumus tersebut :
IMT = Berat badan / Tinggi badan
         = 63 kg / (1,80)m
         = 19,4 

Jadi, IMT atau BMI Shinta 19,4.

Bagaimana dengan kalian , apakah sudah memiliki berat badan yang ideal ?


Menurut hitung standar WHO-WPRO pada 2008, berat badan seseorang disebuat IDEAL atau GEMUK bila memenuhi kriteria sebagai berikut :


Dengan begitu, bisa dikatakan dari perhitungan Shinta tadi, dia masuk dalam kategori normal (IDEAL). Tentu itu juga yang diinginkan oleh semua wanita bukan ? TENTU SAJA  hahaha
Sekian dulu yaaa, frends..
Semoga bermanfaat bagi gue, lo, dan kita semuaaaaa .. Mmuaacchh :*
Generasi sehat masa depan !


Sumber :
1. Otak gue



Tidak ada komentar:

Posting Komentar